Harga gula pasir Rp16.000/kg

id gula, gula pasir, harga gula

Harga gula pasir Rp16.000/kg

Gula pasir (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga gula pasir kristal putih di sejumlah pasar tradisional Palembang Sumatera Selatan, Kamis, bertahan pada kisaran tinggi yakni Rp16.000 per kilogram.

Ayung, pedagang di Pasar Cinde Palembang, mengatakan, melonjaknya harga gula ini sudah terasa sejak sepekan terakhir.

"Pada awal puasa sudah tembus Rp14.500 per kg dari harga normalnya Rp12.000 per kg. Memasuki dua pekan puasa sudah tembus Rp16.000 per kg," kata Ayung.

Ia mengemukakan, saat ini stok gula di tokonya sudah menipis tinggal tersisa beberapa karung saja.

Ia mengaku, kesulitan mendapatkan jenis gula pasir berwarna kuning, sehingga yang diperoleh hanya jenis gula pasir berwarna putih asal Lampung.

"Saya dengar musim giling belum tiba, jadi harga gula naik," kata Ayung.

Arif, pedagang di Pasar Perumnas Palembang membenarkan bahwa pergerakan harga gula ini berlangsung cepat selama Ramadan.

"Kondisi ini pun dikeluhkan pembeli lantaran selama puasa banyak mengkonsumsi gula pasir. Sebagai pedagang, saya jadi tidak enak seolah-olah cari kesempatan padahal dari agen memang sudah tinggi," kata dia.

Kondisi ini disebabkan keterlambatan musim giling di sejumlah sentra gula yang diperkirakan baru akan diserap pasar pada akhir Juli 2016.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia menggelar pasar murah gula kristal putih di Palembang dengan melepas harga hanya Rp12.000/kg pada sepekan menjelang Ramadan.

Kemudian PT Perkebunan Nusantara VII khususnya Cinta Manis di Ogan Komering Ilir, menggelar operasi pasar dengan menggelontorkan 25 ton gula di beberapa tempat yakni di Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, dan Palembang secara serentak mulai hari ini, kata Kepala Akuntansi dan Keuangan PTPN VII Distrik Sumsel Nur Kholis.