Presiden ajukan Tito Karnavian sebagai calon Kapolri

id calon kapolri, presiden ajukan komjen pol tito karnavian, kapolri, ajukan ke dpr, polri, tito karnavian

Presiden ajukan Tito Karnavian sebagai calon Kapolri

Komjen Pol Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

...DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan institusinya telah menerima surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kapolri, selanjutnya akan segera ditindaklanjuti.
        
"DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," katanya di Jakarta, Rabu.
        
Dia menjelaskan, Kamis (16/6) Pimpinan DPR akan mengadakan Rapat Pimpinan untuk membahas pencalonan Komjen Tito tersebut. Setelah itu menurut dia, akan dibawa ke Badan Musyawarah DPR untuk diagendakan dibahas dalam Rapat Paripurna.
        
"Setelah itu diproses di Komisi III DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," ujarnya.
        
Dia mengatakan, dirinya sudah mengkomunikasikan dengan Ketua Komisi III DPR terkait pencalonan Tito tersebut dan kemungkinan uji kelayakannya bisa dilakukan pada 22 Juni 2016.
        
Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo mengatakan surat Presiden terkait calon Kapolri masih di Pimpinan DPR dan rencananya Kamis (16/6) dibawa ke Bamus DPR dan segera dibacakan di Paripurna.
        
Setelah itu menurut dia, baru akan dibahas dalam rapat pleno Komisi III DPR untuk menentukan jadwal uji kelayakan dan kepatutan.
        
"Kita harapkan sebelum memasuki libur Hari Raya Idul Fitri sudah bisa kita selesaikan dan bisa ditetapkan dalam pengambilan keputusan di sidang paripurna 28 Juni 2016," katanya.