Wagub: PAD Sumsel tidak capai target

id wakil gubernur sumsel, ishak mekki, pendapatan asli daerah, pajak, pertanggungjawaban pelaksana anggaran

Wagub: PAD Sumsel tidak capai target

Ilustrasi - Pelayanan pajak kendaraan bermotor (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pendapatan asli daerah Sumatera Selatan secara signifikan tidak mencapai target pada tiga jenis pajak, kata Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki di Palembang, Selasa terkait dengan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2015.

Menurut dia, tiga jenis pajak tersebut yaitu pajak bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor dan pajak rokok serta hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

Sementara kalau dana perimbangan yang tidak mencapai target terjadi pada dana bagi hasil pajak dan dana bagi hasil bukan pajak/sumber daya alam, katanya.

Ia mengatakan, kalau dari sisi belanja realisasi tahun 2015 adalah sebesar Rp5,190 triliun atau sekitar 80,44 persen dari yang direncanakan sebesar Rp6,453 triliun.

Adapun itu terdiri atas belanja tidak langsung terealisasi sebesar Rp3,109 triliun atau sekitar 88,21 persen dari rencana sebesar Rp3,524 triliun.

Sedangkan belanja langsung terealisasi sebesar Rp2,081 triliun atau sekitar 71,08 persen dari rencana sebesar Rp2,929 triliun, sedangkan untuk pembiayaan telah terealisasi sesuai dengan target/anggaran, ujarnya.

Sementara, kontruksi pendapatan, belanja dan pembiayaan tahun 2015 menunjukkan adanya sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) sebesar Rp21,384 miliar.

Tingginya silpa itu mungkin di tengah jalan tidak mencapai 100 persen dan lainnya dimana satuan kerja perangkat daerah dalam menggunakan anggaran, katanya.