Gubernur Sumsel minta perusahaan bantu bangun arena

id gubernur sumsel, alex noerdin

Gubernur Sumsel minta perusahaan bantu bangun arena

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

....Jika tidak bisa bangun full, ya sebagian. Yang penting membantu....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumsel Alex Noerdin meminta perusahaan milik negara dan swasta berkontribusi dalam menyukseskan Asian Games ke-18 tahun 2018 dengan membantu pembangunan arena olahraga dan fasilitas pendukung.

"Pemerintah Provinsi sangat mengharapkan peran dari BUMN hingga pihak swasta untuk membantu pembangunan arena olahraga di Jakabaring," kata Alex di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan dengan peran semua pihak maka target penyelesaian infrastruktur dan arena di Kompleks Olahraga Jakabaring hingga luar Jakabaring dapat selesai pada enam bulan sebelum pelaksanaaan Asian Games.

"Jika tidak bisa bangun full, ya sebagian. Yang penting membantu," ujar Alex.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel Baksyaruddin Akhmad mengatakan setelah PT Bukit Asam Persero menyumbangkan Rp149 miliar untuk pembangunan Convention Hall di Jakabaring, dua perusahaan juga menyusul yakni PT Pertamina dan PT Sinar Mas.

Dua perusahaan ini yakni PT Pertamina dan PT Sinar Mas akan menggunakan dana CSR untuk membangun arena polo air.

"Ada juga beberapa perusahaan lain yang ditawari pembangunan venue lain seperti PT Pusri," kata dia.

Baksyarudin menjelaskan, PT Bukit Asam bakal membangun Convention Hall di atas lahan seluas 5,8 hektar dengan luas bangunan 10.668,6 meter persegi.

Jika tempat itu diproyeksikan untuk pagelaran musik dan konser maka berdaya tampung 1.296 orang carnival (berdiri) dan 2.696 kursi tribun.

Sedangkan untuk penyelenggaraan pertandingan, selain tribun permanen yang sudah ada tersebut, juga dapat ditambah dengan tribun portable dengan daya tampung 396 orang.

Gedung ini yang bisa disewakan untuk pesta perkawinan pun dapat menampung 778 orang sekaligus.