Kabupaten Musirawas terdapat 6.168 keluarga sangat miskin

id kabupaten musirawas, musirawas, keluarga miskin, pkh, program keluarga harapan, miskin

Kabupaten Musirawas terdapat 6.168 keluarga sangat miskin

Ilustrasi - Penduduk Miskin (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, hingga saat ini terdapat 6.168 jiwa keluarga sangat miskin dari total jumlah penduduk 380 ribu jiwa yang tersebar dalam 14 kecamatan akan diusulkan untuk mendapat bantuan program keluarga harapan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musirawas, Yamin Pabli kepada wartawan, Kamis mengatakan pihaknya sudah mengusulkan sekitar 1.460 Keluarga Sangat Miskin (KSM) ke pusat untuk mendapatkan layanan sosial Program Keluarga Harapan(PKH).

Ia mengatakan, jumlah KSM sebanyak itu diusulkan secara bertahap untuk mendapatkan PKH, dan pada 2016 pihaknya mengusulkan sekitar 1.460 KSM, bila disetujui pusat maka tahun berikutnya akan diusulkan lagi sisanya yang ada di daerah ini.

Untuk penambahan jumlah penerima layanan sosial PKH itu melalui pendamping PKH yang ada di masing-masing kecamatan, mereka melakukan validasi data masyarakat miskin sebagai penerima baru program tersebut.

Sementara, di Kabupaten Musirawas berdasarkan kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dimiliki mencapai 9.934 orang, diusulkan pendamping PKH sebanyak 6.168 KSM, tapi hasil validasi di lapangan tidak sesuai sehingga dilakukan pergantian.

Untuk validasi sendiri merujuk dengan ketentuan pemerintah pusat, karena pihaknya menyiapkan data validasi beserta data tambahan penerima PKH tahun 2016," jelasnya.

Penambahan usulan data yang sudah divalidasi mencapai 1.460 KSM, Sedangkan penerimaan awal sebanyak 5.297 orang KSM, data itu sudah

diclosing sehingga total seluruhnya mencapai 6.168 orang KSM.

Sementara untuk skema bantuan masih tetap sama dengan proses yang lama, karena belum menerima surat edaran baru tapi diharapkan tetap ada penambahan baru dilakukan oleh pemerintah pusat.

"Jika ada penambahan baru kita sangat senang karena masyarakat akan mendapat tambahan dari program layanan sosial yang diterima secara rutin oleh KSM tersebut," ujarnya.

Kepala Bidang Organisasi Bantuan Sosial Dinas Sosial Musirawas, Evan Saifani mengatakan pihaknya masih menunggu surat edaran terkait rencana Kementerian Sosial untuk menambah besar bantuan terhadap PKH kedepan.

Ia mengatakan, untuk saat ini bantuan PKH masih seperti sebelumnya yaitu untuk ibu hamil, balita, anak pra sekolah masing-masing ibu hamil mendapatkan Rp1,2 juta, anak SD Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu dan anak SMA Rp1.000.000.

Bantuan itu akan direalisasikan empat kali pencairan, hanya saja ada perubahan pemberian bantuan tetap yang tahun lalu diberikan tahap kedua, namun untuk tahun ini ditahap pertama diberikan sebesar Rp500 ribu sesuai instruksi Kementerian Sosial.

Kepada penerima bantuan itu diharapkan dapat menggunakannya secara layak dan tepat sasaran, sehingga dapat dijadikan modal untuk menunjang kesejahteraan masyarakat terutama ibu hamil dan dijadikan sebagai penunjang sekolah.

"Tujuan bantuan Program Keluarga Harapan itu dapat memutus mata rantai kemiskinan yang ada di Musirawas dan kedepan para penerima diharapkan sudah menjadi keluarga sejahtra," ujarnya.