200 UMKM ramaikan Pasar Beduk

id pasar beduk, makanan, minuman, ramadhan, umkm

200 UMKM ramaikan Pasar Beduk

Ilustrasi - Pasar beduk sediakan menu berbuka(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Seli)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 200 usaha mikro, kecil, dan menengah meramaikan Pasar Beduk Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

"Sebanyak 42 tenda ditempati 200 pedagang kuliner. Pasar beduk yang ada setiap Ramadan ini akan berlangsung selama bulan puasa," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag) Ogan Komering Ulu (OKU) Dharmawan Irianto di Baturaja, Selasa.

Dharmawan Irianto mengatakan bahwa warga Kota Baturaja bisa membeli aneka menu berbuka puasa dan sahur di pasar beduk yang keberadaannya difasilitasi Disperindag.

Menurut dia, kuliner Ramadan yang dipusatkan di Jalan Gadjah Mada, samping Kantor DPRD Kabupaten OKU, merupakan tempat sangat strategis karena mudah dijangkau dari seluruh penjuru Kota Baturaja.

Dengan terkonsentrasinya pedagang makanan dan minuman untuk mempercepat dalam berbuka puasa (takjil) dan sahur, kata Dharmawan, memudahkan pembeli untuk mencari menu kesukaannya.

"Yang lebih penting lagi tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan," katanya.

Sebelumnya, Senin (6/6), Bupati OKU Kuryana Azis meresmikan Pasar Beduk Baturaja.

"Saya harap keberadaan pasar beduk ini bisa memudahkan masyarakat Baturaja untuk membeli kebutuhan sahur dan berbuka puasa," katanya.

Pada kesempatan itu Kuryana meminta agar para pedagang yang berjualan di pasar beduk supaya selalu menjual produk higienis serta menjaga kebersihan di tempatnya berjualan.

"Instansi terkait, seperti Dinkes OKU, agar ikut mengawasi supaya produk yang dijual pedagang layak dikonsumsi dan sehat," kata Kuryana.

Menyinggung soal keamanan, dia berharap jajaran Polres OKU menempatkan personelnya di sekitar lokasi pasar beduk agar bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja.