Harga daging sapi di Palembang masih tinggi

id daging sapi, harga daging, daging, pedagang, pasar, pasar tradisional

Harga daging sapi di Palembang masih tinggi

Pedagang daging (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Harganya kini telah mencapai Rp140 ribu/kg....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Palembang, masih tinggi atau Rp140 ribu per kilogram sehingga mulai dikeluhkan warga karena belum ada tanda-tanda akan turun.

"Harga daging sapi hari ini masih cukup tinggi dan cenderung naik dari Rp95 ribu pada sepekan sebelumnya. Harganya kini telah mencapai Rp140 ribu/kg," kata Lisda, ibu rumah tangga di Palembang, Sumsel, Selasa.

Lonjakan harga daging sapi sekarang ini dinilai sudah keterlaluan sehingga diharapkan pemerintah daerah setempat segera bertindak untuk meredam pergerakan naiknya harga salah satu kebutuhan pokok itu dengan melakukan operasi pasar daging sapi secara besar-besaran.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan semakin parah karena bisa menimbulkan masalah baru bagi pemenuhan gizi masyarakat dan berbagai permasalahan sosial, kata dia.

Sebelumnya pedagang daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang mengatakan, memasuki bulan Ramadan, seperti biasanya permintaan daging sapi mengalami peningkatan dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

"Permintaan masyarakat sekarang ini mengalami peningkatan hingga 50 persen lebih, sementara pasokan daging sapi sekarang ini tidak mengalami penambahan berarti," ujar Ferry salah seorang pedagang daging.

Dia menjelaskan, setiap hari bisa menjual daging sapi sekitar 200 kilogram atau dua ekor sapi, sementara permintaan masyarakat sekarang bisa mencapai lebih dari 300 kg per hari.

Tingginya permintaan tersebut tidak seimbang dengan persediaan atau pasokan daging sapi di pasaran, sehingga mengakibatkan harga jual mengalami lonjakan, kata pedagang daging sapi di Pasar Sekip Ujung itu.