Gubernur minta kenaikan harga sembako dalam batas wajar

id gubernur sumsel, alex noerdin, kebutuhan pokok, sembako, pasar, pasar tradisional

Gubernur minta kenaikan harga sembako dalam batas wajar

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin minta para pedagang bila menaikan harga barang kebutuhan pokok selama Ramadhan ini diharapkan dalam batas wajar.

"Umumnya setiap bulan puasa harga barang kebutuhan pokok (sembako) di pasaran akan naik, tetapi diharapkan dalam batas wajar, kata gubernur di Palembang, Senin.

Menurut gubernur, memang saat Ramadhan permintaan barang kebutuhan pokok meningkat, sehingga tidak dapat dihindari harga akan naik.

"Sudah menjadi hukum pasar setiap banyak permintaan harga akan naik, tetapi diharapkan dalam batas wajar supaya tidak memberatkan umat Islam sedang menunaikan ibadah puasa," katanya.

Gubernur mengatakan, sebenarnya persediaan kebutuhan pokok saat bulan puasa dan lebaran nanti cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan membeli dalam jumlah berlebihan.

Sebelumnya Sekda Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi tentang persediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan dan lebaran nanti.

Kebutuhan pokok semuanya mencukupi bahkan ada yang melebihi hingga lebaran nanti, kata dia.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir, karena persediaan cukup.

Berdasarkan pantauan di beberapa pasar tradisional Palembang harga daging sapi tembus Rp140 ribu per kilogram dari harga sebelumnya hanya Rp90 ribu per kg, kenaikan juga terjadi pada harga ayam potong dijual Rp35 ribu dari sebelumnya hanya Rp25 ribu per kg.