Pemprov imbau masyarakat jaga situasi kondusif Ramadhan

id pemprov sumsel, ramadhan, sekda sumsel, mukti sulaiman

Pemprov imbau masyarakat jaga situasi kondusif Ramadhan

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga situasi kondusif, terutama memasuki Ramadhan.

Suasana kondusif sangat diutamakan terutama menjelang dan selama bulan puasa, kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman di Palembang, Jumat.

Menurut dia, saat bulan puasa kegiatan masyarakat akan meningkat baik pada pusat perbelanjaan maupun tempat ibadah, sehingga ketertiban harus dijaga supaya masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan lancar.

Dia mengatakan, dalam menjaga ketertiban itu Pemerintah Provinsi Sumsel bekerja sama dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri, instansi terkait serta didukung segenap komponen masyarakat.

Dengan adanya kebersamaan itu diharapkan dapat memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, kata Sekda.

Memang, kata dia, 20 persen dari total penduduk Sumsel berada di Palembang, sehingga kota tersebut menjadi barometer keamanan.

Menurut dia, menghadapi bulan suci Ramadhan, Pemprov Sumsel sendiri sudah melakukan rapat koordinasi persiapan di antaranya membahas ketersediaan sembilan bahan pokok yang dipastikan kondisinya aman sampai beberapa bulan kedepan.

Namun, walaupun demikian diharapkan agar masyarakat tidak berbelanja berlebihan selama bulan Ramadhan, karena stok kebutuhan sembako di Sumsel dipastikan aman.

Untuk itu, instansi pemerintah juga harus melakukan monitoring barang-barang yang dijual di pasaran, kata dia.

Dengan selalu menjaga ketertiban sekaligus persediaan kebutuhan pokok cukup, maka suasana kondusif akan selalu tercipta, tambah dia.