Palembang fokus garap wisata sungai

id wisata sungai, bappeda, diskusi

Palembang fokus garap wisata sungai

Diskusi jelang Pra Komite Sidang Habitat III di Surabaya, 25-27 Juli 2016 digelar Kementerian PU Pera di Palembang, Rabu (1/6). (Foto Antarasumsel.com/16/Dolly Rosana)

...Cara yang dilakukan Kota Palembang ini akan disampaikan pada sidang tersebut dan diharapkan bakal menjadi inspirasi pada pertemuan di Sidang Habitat III di Quito, Ecuador...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang fokus menggarap wisata sungai karena menilai segmen ini sangat berpotensi untuk berkembang di masa mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik mengatakan di Palembang, Selasa, saat ini pemkot bekerja sama dengan pemprov menggarap lokasi-lokasi destinasi wisata baru di bantaran Sungai Musi.

"Lokasi wisata seperti Kampung Kapiten, Kampung Arab Al Munawar saat ini mulai dibenahi, mulai dari infrastruktur jalan hingga fasilitas umumnya," kata Safri seusai diskusi pesiapan pertemuan Pra Komite Sidang Habitat III di Surabaya pada Juli mendatang.

Selain itu, lokasi wisata yang sudah ada seperti Pulau Kemaro dan sejumlah masjid berusia ratusan tahun yang ada di dekat sungai juga tidak luput dari perbaikan.

"Jika bicara pariwisata maka tidak lepas dari infrastruktur dan pemkot melihat hal ini yang menjadi persoalan mengapa pariwisata kurang berkembang bila dibandingkan daerah lain. Ke depan, pemkot juga merencanakan adanya transfortasi sungai atau bus sungai menuju lokasi wisata tersebut," kata dia.

Upaya ini sangat penting mengingat peluang Kota Palembang untuk tumbuh lebih pesat melalui pariwisata ini sangat terbuka mengingat di Indonesia belum ada kota yang fokus menggarapnya.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Untuk itu, Pemkot Palembang sudah mengandeng BUMN PT ITDC untuk menggembangkan wisata sungai ini dan salah satu rencananya yakni membangun hotel dengan tinggi 20 lantai di pinggir sungai.

"Mengapa pariwisata digenjot karena sektor ini yang dinyakini memiliki dampak luas, apalagi Kota Palembang sudah memiliki stimulusnya yakni menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018 mendatang," kata dia.

Sementara itu, Staf Ahli Bifang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lana Winayanti mengatakan apa yang dilakukan Kota Palembang yang mendorong kesejahteraan masyarakat perkotaan dengan membangun sektor pariwisata ini akan dimunculkan pra komite Sidang Habitat III di Surabaya pada 25-27 Juli 2016.

"Banyak isu yang akan diusung pada Sidang Habitat III di Surabaya yang akan diikuti negara-negara Asia Fasifik, salah satunya menyangkut ekonomi lokal. Cara yang dilakukan Kota Palembang ini akan disampaikan pada sidang tersebut dan diharapkan bakal menjadi inspirasi pada pertemuan di Sidang Habitat III di Quito, Ecuador pada 17-20 Oktober 2016," kata Lana.