Palembang siapkan kawasan industri baru

id industri, kawasan industri, sapri nungcik

Palembang siapkan kawasan industri baru

Diskusi jelang Pra Komite Sidang Habitat III di Surabaya, 25-27 Juli 2016 digelar Kementerian PU Pera di Palembang, Rabu (1/6). (Foto Antarasumsel.com/16/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menyiapkan kawasan industri baru di Kecamatan Gandus seluas 100 hektare untuk mendukung pergerakan ekonomi masyarakat perkotaan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini proses sudah memasuki tahapan penetapan lokasi sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

"Keinginan Palembang mendirikan kawasan industri didukung Kementerian Perindustrian dan diminta segera membuat masterplannya. Sejauh ini pemkot sudah menetapkan Kecamatan Gandus sebagai lokasinya berdasarkan perencanaan kota hingga 2032," kata Safri yang diwawancarai seusai diskusi persiapan Pra-Komite Sidang Habitat III.

Ia mengemukakan dalam kawasan industri tersebut, pemerintah kota telah menyusun perencanaan bahwa nantinya bakal menjadi tempat industri hilirisasi dan perakitan.

"Yang jelas pemkot menolak jika industri yang dibangun nanti menyebabkan polutan," kata dia.

Untuk itu, pemkot sudah merencanakan berdirinya suatu kawasan industri yang mandiri yakni memiliki pembangkit listrik, jaringan pembuangan air limbah dan sampah, dan pemukiman untuk mendukung kebutuhan tenaga kerja.

Terkait infrastruktur pendukung tersebut, saat ini pemkot sudah membangun instalasi pengolahan air (ipa) di Gandus untuk mendukung berdirinya kawasan industri ini, dan jalan.

"Rencananya 200 hektare akan diberikan untuk kawasan perumahan dan 100 hektarenya kawasan industri," kata dia.

Ia menambahkan, meski memiliki ambisi untuk mendirikan kawasan industri ini, pemkot memastikan tidak akan menimbun rawa-rawa konservasi seperti yang diatur dalam perda rawa.

"Dengan fasilitas yang lengkap ini diharapkan investor tertarik," kata dia.