Kadistan: tata niaga jelek penyebab kenaikan harga

id plt kadistan, dinas pertanian sumsel, erwin noor widodo, tata niaga, bahan pokok, sembako, pasar

Kadistan: tata niaga jelek penyebab kenaikan harga

Ilustrasi - Penjual sayuran tengah menyusun dagangannya di Pasar 26 Ilir Palembang, Rabu (10/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Erwin Noor Wibowo mengatakan, tata niaga jelek salah satu penyebab terjadinya kenaikan harga terutama menjelang Ramadhan dan lebaran.

Berdasarkan data kebutuhan yang dijual di pasar persediaannya cukup, tetapi harga tetap tinggi, kata Erwin Noor di Palembang, Selasa.

Erwin Noor mencontohkan, harga cabai saat menjelang puasa dan lebaran cukup tinggi, padahal persediaan barang di pasaran mencukupi.

Jadi kenaikan harga sering bukan diakibatkan persediaan barang kurang, tetapi juga karena pemainan pasar atau tata niaga dalam penjualan kurang baik.

Dia mengatakan, pihaknya telah mendata mengenai stok kebutuhan bahan pokok dan semuanya mencukupi dalam menghadapi puasa dan lebaran mendatang.

Namun, lanjut dia, mengenai kenaikan harga pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya, dan mengadakan rapat bersama tim pengendali inflasi daerah.

Yang jelas dalam jual beli petani tidak boleh dirugikan dan harga di pasaran terjangkau bagi para konsumsen.

Selama ini kadang-kadang petani sedikit mendapat keuntungan, padahal harga perjualan hasil pertanian sangat tinggi, ujar dia.

Sehubungan itu permasalahan tersebut harus diatasi bersama sehingga hasil pertanian terutama bahan pokok penjualannya tidak merugikan semua pihak, kata dia.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, semua persediaan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri cukup.

Hal itu berdasarkan rapat koordinasi beberapa hari lalu bahwa agen menyatakan semua kebutuhan pokok termasuk hasil pertanian stok cukup untuk puasa dan lebaran bahkan melebihi, tambah dia.