Bupati Musi Banyuasin ajak masyarakat "perangi" narkoba

id plt bupati muba, bupati musi banyuasi, beni hernedi, narkoba, narkotika, perang narkoba

Bupati Musi Banyuasin ajak masyarakat "perangi" narkoba

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pelaksana tugas Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Beni Hernedi mengajak masyarakat setempat "memerangi" narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya lain karena dapat merusak mental dan moral bangsa.

"Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba akhir-akhir ini semakin marak bahkan telah menyentuh semua lapisan masyarakat, untuk menghentikan tindakan melawan hukum itu diperlukan partisipasi masyarakat dalam memeranginya," kata Beni Hernedi di Sekayu, Senin.

Menurut dia, melihat kondisi memprihatinkan itu, gerakan memerangi narkoba perlu dilakukan secara bersama-sama sehingga dapat meminimalkan korbannya dan menyelamatkan generasi muda penerus bangsa dari pengaruh barang haram terlarang itu.

Pelaku penyalahgunaan narkoba sekarang ini berasal dari semua lapisan masyarakat atau semua kalangan, namun sebagian besar kaum remaja yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa.

Melihat kondisi penyalahgunaan narkoba di Bumi Serasan Sekate ini sudah masuk ke semua kalangan hingga pelosok desa, perlu segera diatasi secara bersama-sama sehingga tidak semakin meluas dan memakan korban yang lebih banyak.

"Kondisi itu jangan sampai terus terjadi, mari kita bersama mengantisipasi dan memeranginya dengan cara berperan aktif melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat jika mengetahui adanya praktik penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan, pengguna dan pengedar narkoba berada di tengah-tengah masyarakat, tanpa dukungan dari semua pihak tidak mungkin masalah tersebut dapat diatasi dengan baik oleh aparat kepolisian yang jumlah personelnya terbatas.

Melihat kondisi tersebut, selain berupaya memotivasi semua lapisan masyarakat, pihaknya juga memerintahkan kepada seluruh jajaran Pemkab Musi Banyuasin yang tersebar hingga pelosok desa dapat menjadi menjadi pelopor dan panutan dalam pemberantasan narkoba dengan melakukan aksi nyata mencegah diri sendiri, keluarga, rekan kerja jangan sampai terjebak dalam pergaulan dan tergoda mengkonsumsi narkoba, kata dia pula.