Universitas Bina Darma galakkan penawaran "double degree"

id universitas bina darma, program double degree, mahasiswa bina darma, mahasiswa, ubd palembang

Universitas Bina Darma galakkan penawaran "double degree"

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma Palembang, Sumatera Selatan, menggalakkan penawaran dua gelar sekaligus bagi mahasiswa melalui program "double degree" pendidikan strata satu program studi ekonomi manajemen dan teknik industri.

"Dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 yang telah dibuka sejak sebulan terakhir, program double degree diharapkan dapat menarik minat lulusan SMA sederajat masuk ke kampus ini," kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Dr Sunda Ariana, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, program kuliah mendapatkan dua gelar sekaligus, belum banyak dikembangkan perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang bahkan di Sumatera Selatan.

Keunggulan program studi dan fasilitas pendukung yang dimiliki sekarang ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menarik mahasiswa baru secara maksimal sesuai dengan kapasitas daya tampung empat gedung perkuliahan yang ada di kawasan Plaju itu, katanya.

Dia menjelaskan, selama ini program "double degree" ditawarkan oleh perguruan tinggi terkemuka di Jakarta dan luar negeri, namun sejak dua tahun terakhir bisa diikuti di Universitas Bina Darma Palembang.

"Bagi lulusan SMA sederajat yang akan kuliah dan ingin mendapatkan dua gelar sekaligus tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau ke luar negeri karena bisa mendapatkannya di Universitas Bina Darma," ujarnya.

Program studi yang menerapkan program dua gelar kesarjanaan sekaligus, untuk sementara baru beberapa program studi tersbeut dan secara bertahap dilakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta kesiapan sarana dan prasarana penunjang.

Sementara secara keseluruhan fakultas di UBD Palembang yang bisa menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Fakultas Ilmu Komputer dengan pilihan Program Studi Sistem Informasi, Teknik Informasi, Manajemenen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, dan Teknik Komputer, kemudian Fakultas Ekonomi dengan pilihan Program Studi Akuntansi, Manajemen, Administrasi Bisnis, dan Manajemen Perusahaan.

Fakultas Teknik dengan pilihan Program Studi Teknik Sipil, Elektro, dan Teknik Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan pilihan Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Olahraga.

Sedangkan Program Pascasarjana kampus UBD memiliki Magister Manajemen dengan pilihan jurusan Manajemen Keuangan, Pemasaran, Pendidikan, Sistem Informasi, Manajemen SDM, dan Manajemen Pendidikan Olahraga.

Kemudian Magister Teknik Informatika dengan pilihan jurusan Chief Information Office (CIO), Software Engineering, IT Infrastructure, IT Entrepreneur, dan IT for Education, kata Sunda.