Jamkrida targetkan jamin kredit UMKM Rp700 miliar

id jamkrida, umkm, perbankan, kredit, kredit pinjaman

Jamkrida targetkan jamin kredit UMKM Rp700 miliar

Dirut PT Jamkrida Askin Hatta. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah atau Jamkrida Sumatera Selatan pada 2016 ini menargetkan menjamin kredit usaha mikro kecil dan menengah sebesar Rp700 miliar.

"Target penjaminan kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tahun ini lebih besar Rp200 miliar dibandingkan dengan 2015 yang ditetapkan sebesar Rp500 miliar," kata Direktur Utama PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, peningkatan target tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan yang lebih banyak kepada pelaku UMKM membutuhkan dukungan modal usaha untuk menjalankan usaha yang ada atau melakukan pengembangan.

Berdasarkan data 2015, dengan pencapaian target penjaminan kredit UMKM sebesar Rp500 miliar, pihaknya berhasil memfasilitasi 5000 pelaku usaha yang sebelumnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal kepada pihak perbankan, karena tidak memiliki jaminan kredit memadai.

Dengan ditingkatkannya target penjaminan kredit kepada UMKM pada tahun ini, diharapkan akan semakin banyak pelaku usaha di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini bisa difasilitas mendapatkan pinjaman modal usaha, katanya.

Dia menjelaskan, keberadaan PT Jamkrida Sumsel dalam dua tahun terakhir mulai dirasakan oleh pelaku UMKM di provinsi ini.

"Dengan adanya PT Jamkrida, pelaku UMKM yang serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman modal usaha kepada pihak perbankan dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB), karena pinjamannya akan dijamin perusahaan daerah," ujarnya.

Untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelaku UMKM memerlukan dukungan mendaptkan pinjaman modal usaha, pihaknya berupaya memperluas kerja sama dengan perbankan yang ada di daerah ini.

Sekarang ini ada empat lembaga keuangan yang telah bekerja sama untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah memperoleh kredit.

Keempat lembaga keuangan yang bekerja sama memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM memperoleh pinjaman modal usaha, yakni Bank Sumsel Babel, Bank DKI, BPR Kota Palembang, dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), kata Dian.