PLTMG resmi beroperasi di Palembang

id pltg borang, pembangkit listrik

PLTMG resmi beroperasi di Palembang

Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Sematang Borang Palembang (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) resmi beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan, dan siap mengaliri 10.000 rumah atau berkapasitas terpasang 2x7 MW.

Wali Kota Palembang Harnojoyo seusai peresmian PLTMG di Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang, Rabu, mengatakan pembangkit baru ini diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di kawasan pinggiran kota.

"Pembangunan sudah lama dilakukan. Walapun sempat terbengkalai, akhirnya PLTMG ini bisa beroperasi juga," kata dia.

Ia melanjutkan, selain dapat menerangi rumah warga, PLTMG ini juga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya Ahmad Nopan menjelaskan PLTMG ini nantinya akan dioperatori oleh PT PLPJ (Pembangkit Listrik Palembang Jaya) dan listriknya dijual ke PLN.

"Untuk harga jualnya sudah diatur dan akan dikordinasikan lagi dengan pihak PLN," kata Nopan.

Sebelumnya, PLTMG Borang ini telah menuntaskan lima proyek utama yakni pembangunan gedung administrasi, pembuatan pipa penyaluran gas Pertamina, pembangunan gedung pembangkit, pengeboran pipa untuk menyalurkan air radiator, dan pembuatan bak penampung air untuk dialirkan ke radiator.

Nopan optimistis unit usaha PT SP2J ini akan menuai keuntungan karena telah terjadi perbaikan manajemen perusahaan pada tahun lalu.

"Setelah mendapatkan suntikan dana dari APBD Perubahan pada 2014 sebesar Rp44 miliar, perusahaan langsung berbenah yakni bagaimana caranya berbagai unit usaha PT SP2J bisa menghasilkan keuntungan," kata dia.