Pembangkit listrik tenaga gas Sematang Borang dioperasikan

id pltg sematang borang, pembangkit listrik tenaga gas, listrik, wali kota palembang, harnojoyo

Pembangkit listrik tenaga gas Sematang Borang dioperasikan

Wali Kota Palembang Harnojoyo (tengah) saat meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Gas di Sematang Borang Palembang, Sumsel, Rabu(25/5) (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga gas di Sematang Borang Palembang sudah selesai dan pada Rabu ini mulai dioperasikan untuk memenuhi pasokan listrik di sejumlah wilayah perkotaan setempat.

Wali Kota, Harnojoyo di Palembang, Rabu mengatakan bahwa pengoperasian pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) ini nantinya akan memenuhi pasokan listrik sebanyak 12 ribu pelanggan rumah tangga yang selama ini selalu mengalami pemadaman bergilir di wilayah Sematang Borang, Kalidoni dan Sako Kenten.

Wali Kota menjelaskan, pengoperasian PLTG berkapasitas 2X7 Megawatt ini akan mengaliri pasokan listrik sebanyak 12 ribu pelanggan rumah tangga di tiga kawasan tersebut.

Serta akan difungsikan sebagai salah satu transmisi yang dicadangkan menampung pasokan listrik dari arah selatan, dimana saat ini pihak PLN tengah membangun pembangkit listrik di wilayah Bayung Lincir dan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Sementara, untuk pasokan gas sendiri PLTG Sematang Borang memerlukan dua juta kaki kubik per hari dari Pertamina Aset II Prabumulih, dimana per harinya mampu menghasilkan pasokan gas sekitar 390 juta kaki kubik, katanya.

Menurut Harnojoyo, inilah salah satu upaya pemerintah kota guna memenuhi pasokan listrik untuk terus stabil sehingga nanti baik para investor maupun pembangunan yang ada tidak terganggu.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Budi Pangestu mengatakan bahwa energi primernya didapat dari Pertamina.

Ia menambahkan, dengan mulai beroperasinya PLTG Borang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan listrik, khususnya di Kota Palembang.

Dengan demikian, nantinya pemerintah akan terus bersinergi dalam mengembangkan potensi di Sumatera Selatan yang merupakan salah satu lumbung energi di Indonesia, katanya.