Perusahaan Amerika Serikat jajaki investasi di Sumsel

id gubernur sumsel, alex noerdin, duta besar as, robert o blake, perusahaan amerika serikat

Perusahaan Amerika Serikat jajaki investasi di Sumsel

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake (kiri) berdialog bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) dan jajaran SKPD serta sejumlah perusahaan barang dan Jasa dari Amerika, di Griya Agung Palembang, Senin (23/5). (Foto A

Palembang (ANTARA Sumsel) - Salah satu perusahaan Amerika Serikat menjajaki investasi terutama di bidang energi dan jasa di Sumatera Selatan, karena melihat potensi daerah ini cukup besar.

Diketahuinya keinginan perusahaan Amerika Serikat itu, disampaikan melalui pertemun dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel di Palembang, Senin..

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake saat pertemuan mengatakan, perusahaan yang hadir di Sumsel ini antara lain bergerak di bidang energi, kelistrikan, energi terbarukan, minyak dan gas.

Menurut dia, dari perusahaan tersebut pihaknya terbuka lebar untuk menjajaki investasi yang ada di daerah ini.

Namun, lanjut dia, dari sejumlah perusahaan tersebut yang lebih tertarik di bidang energi dan jasa.

Apalagi Sumsel sumber energinya cukup banyak sehingga peluang investasi di daerah ini cukup besar, ujar dia.

Ia mengatakan, Sumsel akan menghadapi Asian Games 2018, maka energi yang lebih besar sangat dibutuhkan.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan, Sumsel sangatlah terbuka dengan investasi asing termasuk di bidang energi.

Sebagai lumbung energi, Sumsel menghasilkan kelebihan 500 MW energi listrik yang disalurkan ke provinsi tetangga seperti Jambi, Lampung dan Bengkulu.

Namun, lanjut dia, untuk mengantisipasi kelebihan beban listrik pihaknya masih membutuhkan sumber energi lainnya terutama akan diadakannya Asian Games 2018.

Dengan adanya investor yang akan membangun infrastruktur pembangkit listrik di daerah ini, nantinya bisa mengirim listrik ke seluruh wilayah Pulau Sumatera bahkan ke Jawa, kata gubernur.