Kemkumham Sumsel bekali narapidana dengan berbagai keterampilan

id kemkumham sumsel, narapidana, penjara, lapas, pelatihan, keterampilan, kakanwil kemkumham sumsel, juliasman purba

Kemkumham Sumsel bekali narapidana dengan berbagai keterampilan

Sejumlah warga binaan tengah mengerjakan pembuatan roti untuk toko roti milik Lapas di dapur Lapas Wanita Kelas I Palembang, Jumat (8/11). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan membekali narapidana yang menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan dengan berbagai keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya.

"Warga binaan tidak hanya diberikan pembinaan mental tetapi juga dibekali dengan berbagai keterampilan yang dapat digunakan sebagai sumber penghidupan setelah dibebaskan menjalani masa hukumannya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) Sumatera Selatan Juliasman Purba di Palembang, Jumat.

Menurut dia, keterampilan yang diberikan kepada para narapidana seperti membatik, menyulam, perbengkelan, membuat roti, dan keterampilan lainnya.

Pembinaan dan pembekalan terhadap narapidana dilakukan sesuai dengan kondisi lokasi lembaga pemasyarakatan dan minat warga binaan, katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan evaluasi pembinaan keterampilan terhadap para narapidana yang telah dilakukan selama ini, hasilnya cukup baik.

Dengan dilakukan pembekalan berbagai keterampilan, narapidana bisa mengisi waktu selama menjalani masa hukuman, serta dapat dimanfaatkan sebagai bekal menjalani kehidupan selanjutnya.

Selain itu juga pembekalan keterampilan bisa memotivasi warga binaan untuk membangun usaha melalui keterampilan yang dimilikinya sehingga ketika dibebaskan kondisinya lebih baik dari sebelumnya serta tidak membebani keluarga dan masyarakat, ucapnya.