Dompet Dhuafa berikan layanan kesehatan cuma-cuma

id dompet dhuafa, layanan kesehatan, lkc, layanan kesehatan cuma-cuma

Dompet Dhuafa berikan layanan kesehatan cuma-cuma

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dompet Dhuafa Sumatera Selatan melaksanakan layanan kuratif atau pengobatan dengan program layanan kesehatan cuma-cuma bagi dhuafa dengan sistem kepesertaan berbentuk klinik.

Hingga April 2016 tercatat 2.568 orang sebagai penerima manfaat layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) sekaligus sebagai member klinik, kata Pimpinan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Kusworo Nursidik di Palembang, Jumat.

Menurut dia, ribuan penerima manfaat tersebut tersebar di beberapa tempat di sekitar kelurahan 7 Ulu Palembang.

Sementara untuk layanan yang disediakan oleh program kuratif ini adalah poli umum, poli kesehatan ibu dan anak (KIA) dan poli gigi, katanya.

Ia mengatakan, selain program kuratif juga dikembangkan program kesehatan dengan bentuk promosi kesehatan sebagai bagian pencegahan.

Dalam program kesehatan ini berisi dua program turunan yaitu program Anak Indonesia Sehat (AIS) dan program kesehatan reproduksi remaja, ujarnya.

Ia menuturkan, untuk program AIS menyasar anak-anak sekolah dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah dengan tujuh SD/MI se-Kota Palembang dengan total penerima manfaat sebanyak 2.243 orang.

Sementara untuk program kesehatan reproduksi remaja dengan 130 orang penerima manfaat, tuturnya.

Ia menyampaikan, untuk perhatian pada aspek pendidikan diwujudkan dalam dua program, yaitu pembinaan dan peningkatan ketrampilan dan seni bagi anak-anak yatim dan dhuafa dituangkan dalam program Yatim Kreatif Indonesia terhimpun 78 anak, terdiri atas siswa SD, SMP dan SMA mengikuti pembinaan setiap hari Minggu, katanya.