TNI bersama petani sukseskan ketahanan pangan nasional

id tni, ketahanan pangan, sawah, prajurit tni, panen, ttmd

TNI bersama petani sukseskan ketahanan pangan nasional

TNI Manunggal dengan warga (Foto Antarasumsel.com/EvanErvani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat Kolonel Inf Utoh Zaendy mengatakan, TNI bersama petani berupaya membantu pemerintah ikut menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

"Jadi jangan heran bila TNI bersama petani turun ke sawah, karena hal itu untuk menyukseskan program ketahanan pangan nasional," kata Kolonel Inf Utoh Zaendy pada pertemuan bersama unsur masyarakat, pemuka agama dan jajaran TNI Kodim 0418 Palembang, Jumat.

Terlebih lagi, kata dia, soal ketahanan pangan ini merupakan program pemerintah, sehingga harus disukseskan bersama termasuk dari TNI.

Sementara, mengenai kekuatan Negara Kesatuan RI (NKRI), menurut Utoh Zaendy, semua unsur yang ada baik masyarakat, sipil dan TNI harus tetap kuat supaya NKRI semakin utuh.

Sehubungan itu TNI Angkatan Darat sekarang ini terus membantu seluruh unsur masyarakat terutama program yang sedang dijalankan.

Menurut dia, pihaknya sekarang ini mengumpulkan data dari seluruh pemuka masyatakat termasuk TNI tentang peralatan, tata ruang wilayah yang nantinya akan dikaji.

Jadi melalui pertemuan ini untuk mendapatkan data supaya nantinya dapat bersinergi dalam negara kesatuan sehingga tidak terpecah belah, kata dia.

Dandim 0418 Palembang, Letkol Inf Ichwansyah mengatakan, tim pusat ingin mengumpulkan data sebagai kajian dalam ketahanan bangsa dan masyarakat dimasa mendatang.

Sehubungan itu berikan data yang akurat supaya ketahanan dan keutuhan NKRI semakin kuat, ujar dia.

Dalam kesempatan itu Dandim juga menyampaikan bahwa pihaknya merencanakan membangun Markas Kodim baru, karena sudah ada lahan dua hektare di kawasan Alang Alang Lebar Palembang. (U005)