Pertamina jamin stok BBM aman hadapi Ramadhan

id bahan bakar minyak, bbm, gm pertamina mor, herman m zaini, spbu

Pertamina jamin stok BBM aman hadapi Ramadhan

General Manager Marketing Operation Regin (MOR) II Herman M Zaini (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region II menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) aman dalam menghadapi bulan suci Ramadhan tahun 2016.

GM Pertamina Marketing Operation Region II, Herman M Zaini menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai persiapan BBM pada bulan Suci Ramadhan usai peluncuran program gas pooolll pertamax series bawa pulang motor di Palembang, Kamis.

Menurut dia, persiapan Ramadhan pada tahun ini tidak ada masalah, karena bulan puasa ini setiap tahun dilaksanakan.

"Jadi, mudik aman di Sumatera Selatan ini relatif, bahkan libur panjangpun kita selalu siagakan satgas dan memang otomatis tidak ada masalah," katanya.

Sementara mengenai penambahan BBM saat Ramadhan, ia menyatakan, biasanya pada bulan Suci Ramadhan itu sekitar 4-5 persen saja, karena yang banyak itu di jalur Pantura.

"Kalau di sini yang dijaganya itu hanya di Bakauheni, Lampung saja," tutur Herman.

Mengenai masih banyak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tidak buka 24 jam, ia menyatakan, terkadang dianjurkan buka sampai pukul 10.00 WIB malam saja, karena faktor keamanan.

Ia menuturkan, SPBU tertentu saja yang buka sampai 24 jam, tidak semuanya mengingat faktor keamanan. Jadi, SPBU yang besar-besar saja yang mungkin tempatnya ramai dan keamanannya baik, kalau lokasinya terpencil sampai pukul 09.00-10.00 WIB sudah cukup, ujarnya.

Ia menyatakan, kalau stok BBM aman di daerah itu, karena kilangnya dekat tinggal dipompa melalui pipa saja.

"Alhamdulilah, mudah-mudahan terjamin dan sudah beberapa kali terbukti, tidak ada masalah. Pada saat libur panjang beberapa waktu lalu juga tidak ada masalah," katanya.