Mensos serahkan dana PKH kepada warga Palembang

id program keluarga harapan, pkh, mensos, serahkan dana bantuan pkh, bantuan, dana

Mensos serahkan dana PKH kepada warga Palembang

Program Keluarga Harapan (PKH) (Antarasumsel.com/Grafis/Awi)

...Tujuan dari PKH itu antara lain dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dari keluarga yang sangat miskin...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama 2016 secara langsung kepada sejumlah perwakilan warga Palembang yang tergolong dalam Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Penyerahan dana PKH itu secara simbolis dilakukan Menteri Khofifah di ruangan rapat Pemerintah Kota Palembang, Rabu, didampingi Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi dan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota setempat.

Mensos pada kesempatan itu mengingatkan kepada ibu-ibu penerima dana Progran Keluarga Harapan di Kota Palembang dan daerah lainnya agar menggunakan dana bantuan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan program tersebut.

Program keluarga harapan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten dan kota.

Tujuan dari PKH itu antara lain dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dari keluarga yang sangat miskin.

Kemudian meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah usia enam tahun, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan khususnya bagi keluarga dari rumah tangga sangat miskin, katanya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi menambahkan dana bantuan PKH di provinsi ini secara keseluruhan mencapai Rp41 miliar, sedangkan khusus untuk warga Kota Palembang sekitar Rp8 miliar.

"Khusus di Kota Palembang ini, dana bantuan itu disalurkan untuk sekitar 20 ribu warga yang tergolong dalam RTSM melalui beberapa kantor pos yang ditunjuk," ujarnya.

Menurut dia, dana bantuan PKH yang dibagikan empat kali dalam setahun kepada ibu dan anak dari RTSM yang memenuhi persyaratan terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti pendidikan serta kesehatan, sejak enam tahun terakhir dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Setiap RTSM memperoleh bantuan berupa uang tunai dengan jumlah bervariasi berkisar Rp2 juta hingga Rp2,8 juta yang dibagikan secara bertahap empat kali dalam setahun," ujarnya.