Harga daging sapi di Palembang masih stabil

id daging sapi, harga daging, daging, pedagang, pasar

Harga daging sapi di Palembang masih stabil

Pedagang daging sapi (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, masih stabil kisaran Rp125.000---Rp130.000 per kilogram.

Muhammad, pedagang daging di Pasar Cinde mengatakan harga tersebut masih menyamai harga setelah sempat terjadi kenaikan pada Januari 2016.

"Pada Januari lalu sempat melonjak jadi Rp140.000 kg, kemudian stabil kisaran Rp120.000---Rp125.000 per kg, tapi ada juga yang jual Rp130.000 per kg, tergantung pedagang mau untung banyak atau sedikit," kata Muhammad.

Ia mengemukakan, sejauh ini harga daging belum bergerak naik meski mau menjelang Ramadhan.

"Masih normal hingga kini, permintaan juga masih sama seperti sebelumnya," kata dia.

Senada, Zulkifli, pedagang daging sapi di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan bahwa harga daging masih normal dikisaran Rp120.500/kg.

"Belum ada kenaikan. Pasokan juga masih lancar," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Sri Agustina mengatakan pemerintah akan menggelar operasi pasar daging sapi untuk menekan harga menjelang Ramadhan.

"Sudah diputuskan bahwa tugas operasi pasar daging sapi ini akan diberikan ke BUMN PT Berdikari (Persero), dan karena ini tugas yang diberikan negara maka harga pun sudah ditetapkan yakni harus Rp80 ribu/kg," kata Sri di Palembang, Sabtu (14/5).

Presiden Joko Widodo mengintruksikan kementerian terkait untuk fokus menjaga kestabilan harga di saat Ramadhan dan Lebaran dengan aktif memantau pasar sejak dua bulan sebelum Ramadhan.