PALI dorong guru gunakan Bahasa Indonesia yang benar

id guru, siswa

PALI dorong guru gunakan Bahasa Indonesia yang benar

Guru (ANTARA FOTO)

Penukal Abab Lematang Ilir Sumsel (Antara Sumsel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, mendorong penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam surat menyurat.

Disdikbud PALI, Selasa, bekerja sama dengan Komunitas Wong Pendopo (KWP) menggelar seminar bertajuk Pembinaan Bahasa Indonesia Dalam Naskah Dinas.

Ketua Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Aminulatif mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat surat menyurat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), Kabupaten PALI khususnya pendidik perlu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan proposional dibidangnya, khususnya dalam pengunaan gaya bahasa yang benar sesuai aturan yang ada," kata Aminulatif,

Salah seorang peserta Mayor Lan mengatakan sebagai salah satu pendidik pembinaan Bahasa Indonesia ini tertuang dalam amanat UU No 24 tahun 2009 tentang penggunaan gaya bahasa Indonesia dengan benar.

"Negara ini tentunya malu jika tenaga pendidik atau SDM pemerintahannya lemah dalam menggunakan Bahasa Indonesia pada saat membuat nota dinas. Sebagai DOB Kabupaten PALI perlu pembelajaran lebih tentang hal ini. Jangan sampai Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten ini ketinggalan dengan kabupaten lain," kata dia.

Seminar ini diikuti 50 peserta dari Kecamatan Talang Ubi dan Abab yang merupaka guru pendidik dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Dasar Menegah Atas (SMA), dan UPTD pendidikan.