Olahan ikan diharapkan jadi peluang usaha keluarga

id ikan, bakso ikan, nungget, abon, kuliner

Olahan ikan diharapkan jadi peluang usaha keluarga

Dagangan bakso ikan (www.antaranews.com/Nanien Yuniar)

...Terkadang tangkapan melimpah, tidak tahu diapakan lagi. Tahunya hanya dibuat ikan asin. Tapi sejak mendapat pelatihan ini, ternyata bisa dibuat bakso, nungget, dan abon...
Muara Enim (ANTARA Sumsel) - Kuliner olahan berbahan ikan diharapkan menjadi peluang usaha bagi keluarga binaan Tim Pengerak PKK Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.
    
Perwakilan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muara Enim Jumalana di Muarenim, Rabu, mengatakan, untuk itu pemkab menggelar pelatihan membuat bakso, nagget, dan abon berbahan utama ikan selama tiga hari dengan melihatkan warga di Kecamatan Semendo Darat Ulu pada pekan ini.
    
"Kegiatan pelatihan ini bertujuan mengembangkan potensi  Usaha Kecil Masyarakat (UKM) masyarakat," kata Jumalana.
    
Ia mengemukakan bahwa program ini sangat cocok di wilayah Semendo Darat Ulu karena dikenal sebagai kawasan perikanan.
    
"Pemerintah bermaksud menstimulus warga bahwa sejatinya ada peluang usaha lain, selain sekadar menjual ikan hasil tangkap. Di saat tangkapan berlebih, maka bisa dibuat olahan dan dijual untuk menambah pemasukan tambahan keluarga," kata dia.    
    
Salah seorang peserta pelatihan Suli mengatakan sejak lama ingin belajar membuat bakso berbahan ikan.
    
"Terkadang tangkapan melimpah, tidak tahu diapakan lagi. Tahunya hanya dibuat ikan asin. Tapi sejak mendapat pelatihan ini,  ternyata bisa dibuat bakso, nungget, dan abon," kata dia.
    
Camat Semende Darat Ulu Tasman mengatakan kuliner olahan ikan ini juga dimaksudkan meningkatkan kegemaran mayarakat pada ikan sebagai sumber makanan kaya protein.
    
"Jika banyak pilihan begini, makin banya masyarakat yang menyukai ikan," kata dia.