Alex Noerdin: Instalasi air bersih dibangun di desa

id PDAM, air minum

Alex Noerdin: Instalasi air bersih dibangun di desa

Instalasi pengelolaan air PDAM Tirta Musi (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan desa di daerah perairan perlu dibangun instalasi air bersih karena kendala yanga dihadapi selama ini mengenai air minum.

Hampir di setiap desa di perairan memiliki kendala air bersih sehingga perlu dibangun instalasi, kata gubernur kepada wartawan usai sosialisasi penyaluran dana desa bersama KPK di Palembang, Selasa.

Menurut dia, selama ini masyarakat desa di perairan untuk memperoleh air bersih harus membeli terlebih dahulu sehingga harus diperhatikan.

Jadi pembangunan tersebut harus diprioritaskan sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih tanpa membeli lagi, ujar dia.

Oleh karena itu kepala desa harus membuat program yang menjadi skala prioritas serperti pembangunan jaringan air bersih, kata dia.

Menurut gubernur, dana desa yang bersumber dari APBN pada 2016 untuk Sumsel sebesar Rp 1,7 triliun lebih dialokasikan untuk 2.859 desa di 14 kabupaten dan kota.

Penyaluran tahap pertama sebesar 60 persen kepada enam kabupaten dan kota yakni Kabupaten Banyuasin, Penungkal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ilir, Muara Enim dan Kota Prabumulih.

Sementara desa yang belum akan dicairkan pada tahap kedua seperti diantaranya di Kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur, ujar dia.

Yang jelas alokasi dana desa itu cukup besar sehingga harus dimanfaatkan sesuai dengan skala prioritas desa tersebut, ujar dia.

Gubernur berharap bagi desa yang belum melengkapi persyaratan untuk segera melengkapi supaya bantuan tersebut dapat direalisasikan.