Indah Kiat bantu meubelair SDN Jeruk Tipis Serang

id csr, indah kiat, app

Indah Kiat bantu meubelair SDN Jeruk Tipis Serang

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah) menerima secara simbolis bantuan sarana meja dan kursi sekolah dari Direktur Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Serang Heppy Moiras (kiri) didampingi Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Suhendra Wiriadinat

...Untuk menjadikannya meja dan kursi, perusahaan memberdayakan masyarakat lokal sebagai pengrajinnya...
Serang (ANTARA Sumsel) - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui unit industrinya PT Indah Kiat Pulp & Paper Serang (IKPP Serang) menyalurkan bantuan meja dan kursi ke sejumlah Sekolah Dasar di sekitar pabrik, Selasa.
    
Kepala CSR IKPP Serang Dani seusai penyerahan bantuan di SDN Jeruk Tipis 3 dan 1, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, mengatakan program meubelair ini dijalankan dengan memanfaatkan dan mengolah kayu yang tidak terpakai di pabrik yakni kayu peti kemas (pallet).
 
"Untuk menjadikannya meja dan kursi, perusahaan memberdayakan masyarakat lokal sebagai pengrajinnya," kata Dani pada acara yang juga dihadiri oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Program yang telah dijalankan sejak tahun 2012 ini telah menyalurkan lebih dari 960 set (satu meja dan dua kursi) bagi 25 SD hingga 2015. Sedangkan khusus pada tahun 2016 akan menyalurkan 380 set.

"Satu set meubel ini jika dibeli dari luar seharga Rp700 ribu, namun karena diproduksi sendiri maka hanya mengeluarkan uang Rp250 ribu dengan kualitas kayu yang lebih baik," papar Dani.

Dani menambahkan, program yang digagas IKPP Serang ini selain memberi manfaat kepada sekolah penerima dan pengrajin meubel juga bernilai tambah bagi perusahaan.

"Walaupun kayu bekas peti kemas, karena menggunakan jati Belanda, kualitasnya cukup baik. Dengan begitu, kami berharap set (meja dan kursi) meubel yang disumbangkan dapat bertahan lama," terang Dani.

Sementara itu Direktur IKPP Serang Heppy Moiras mengatakan program CSR meubelair yang berbasis pendidikan dan pemberdayaan masyarakat ini sebagai wujud pengabdian perusahaan di bidang pendidikan.

"Agar program ini berkelanjutan dan tetap berkualitas, perusahaan akan memasukkannya sebagai Key Performance Indicator (KPI) unit kerja terkait," kata Heppy.

Selain bantuan meja dan kursi, Program CSR IKPP Serang berbasis pendidikan antara lain beasiswa D3 ATPK (Akademi Teknologi Pulp & Kertas) Bandung yang telah berjalan sejak 2001 dan meluluskan lebih dari 40 orang yang sebagian besar bekerja di IKPP Serang.