PALI kucurkan Rp12 miliar perbaiki Jalan Semangus

id jalan, jembatan, desa semangus

PALI kucurkan Rp12 miliar perbaiki Jalan Semangus

Ilustrasi---Pekerja melakukan pengaspalan jalur mudik dikawasan pemulutan, Kab Ogan Ilir (OI), Sumsel. Jumat (10/7). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Penukal Abab Lematang Ilir, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, mengucurkan dana Rp12 miliar untuk memperbaiki jalan menuju Desa Semangus.

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo di PALI, Senin, mengatakan, pemkab menargetkan jalan poros masuk kabupaten ini selesai diperbaiki dalam tiga tahun.

"Perbaikan jalan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah mengingat jalur Desa Semangus merupakan urat nadi transfortasi di PALI," kata dia.

Oleh karena itu, pembangunan jalan ini sangat penting untuk mempercepat kemajuan di PALI sebagai Daerah Otonomi Baru.

"Dengan adanya jalan mulus, warga akan lebih mudah menjual hasil pertanian didaerah ini," ujar dia.

Selain itu, transportasi yang lancar akan memudahkan anak-anak menuju sekolah sehingga dapat bersekolah hingga jenjang pendidikan SMA.

Desa Semangus merupakan desa paling ujung dan berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas.

Untuk menuju desa ini harus melalui Desa Sungai Baung dan Desa Benakat Minyak.

Sebelum DOB PALI terbentuk pada 2013, Desa Semangus merupakan desa terpencil yang berjarak 38 km dari PALI atau ditempuh dengan enam jam perjalanan darat karena jalan yang dilalui berlumpur.

"Setelah DOB PALI terbentuk, secara bertahap jalan menuju desa ini sudah diperbaiki dengan cor beton. Sampai saat ini sudah 60 persen jalan dicor beton," kata Heri.