PALI terima bantuan program makanan tambahan

id program makanan tambahan, sd, puskesmas, makanan tambahan

PALI terima bantuan program makanan tambahan

Ilustrasi---Penyerahan bantuan vitamin untuk balita di Dusun Biang Rosan tersebut, merupakan salah satu program makanan tambahan gizi balita yang dilakukan oleh CSR PT Tinting Boyok Sawit Mandiri (TBSM) Dua. (FOTO ANTARA/Jessica Helena Wuysang)

Penukal Abab Lematang Ilir (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, menerima bantuan program makanan tambahan dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Eni Zatila di PALI, Minggu, mengatakan, bantuan tersebut berupa enam ton biskuit yang akan diberikan kepada ibu hamil, bayi dibawa lima tahun (balita), dan anak Sekolah Dasar (SD).

"Pemberian makanan tambahan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk," kata dia.

Melalui bantuan ini diharapkan angka penderita gizi buruk dan kekurangan gizi dapat ditekan.

Mantan Direktur RSUD Talang Ubi ini menambahkan bahwa pembagian bantuan ini akan dilakukan di tiap-tiap puskesmas yang berada dekat dengan pemukiman masyarakat.

"Dengan diberikan di puskesmas, harapannya bantuan ini dapat tepat sasaran," kata dia.

Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyiapkan makanan tambahan dan pendamping air susu ibu untuk mengantisipasi masalah gizi pada balita, ibu hamil dan anak sekolah.

Selama 2015 Kemkes mengirim makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI), pemberian makanan tambahan ibu hamil (PMT-Bumil), dan makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) di beberapa daerah di Indonesia.

"Makanan pendamping ini dikirimkan baik di tingkat provinsi maupun langsung ke kabupaten. Pengiriman juga dilakukan sebagai buffer stock atau persediaan tambahan untuk pengamanan khususnya dalam tanggap darurat bencana," kata dia.