BMKG: seluruh wilayah Sumsel berpeluang hujan

id bmkg, cuaca, cuaca sumsel, prakiraan cuaca, cuaca sumsel

BMKG: seluruh wilayah Sumsel berpeluang hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) (Antarasumsel.com)

....Kota yang diprakirakan hujan ringan, yakni Kota Palembang, Baturaja, Muaraenim, Pali, Lahat, Musirawas, Musirawas Utara, Martapura, Muaradua, Tebingtinggi, Pagaralam, Prabumulih, Sekayu, dan Lubuklinggau....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirkan cuaca di Provinsi Sumatera Selatan yang meliputi 17 kabupaten dan kota itu, berpeluang turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Hari ini 14 kota di wilayah provinsi ini berpeluang turun hujan ringan dan tiga kota lainnya berpeluang turun hujan dengan intensitas curah hujan sedang," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan kota yang diprakirakan hujan ringan, yakni Kota Palembang, Baturaja, Muaraenim, Pali, Lahat, Musirawas, Musirawas Utara, Martapura, Muaradua, Tebingtinggi, Pagaralam, Prabumulih, Sekayu, dan Lubuklinggau.

Kota yang diprakirakan hujan ringan itu memiliki suhu udara berkisar 21-33 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 56-97 persen, kecepatan angin sekitar 15 kilometer per jam dengan arah angin sebagian besar menuju timur kecuali Kota Baturaja, Sekayu, dan Palembang menuju timur laut.

Sebanyak tiga kota di Sumsel lainnya yang diprakirakan hujan dengan intensitas sedang, yakni Kayu Agung, Pangkalanbalai, dan Indralaya.

Kota yang diprakirakan hujan dengan intensitas curah hujan sedang itu, memiliki suhu udara berkisar 23-32 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 56-98 persen, kecepatan angin sekitar 15 kilometer per jam dengan arah angin sebagian besar menuju timur laut kecuali Kota Kayu Agung menuju timur.

Meihat kondisi cuaca pada Mei 2016 ini masih terdapat banyak hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, masyarakat yang berada di daerah rawan banjir dan tanah longsor diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana dan dampak negatif musim hujan.

Potensi banjir dapat terjadi di Kota Palembang dan daerah lain di sekitar aliran sungai, seperti Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas, Lahat, Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Ilir.

Tanah longsor berpotensi di bagian barat Sumatera Selatan, yakni Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Ogan Komering Ulu Selatan, serta sebagian Ogan Komering Ulu dan Muaraenim, kata Indra.