OKI tebar 4.000 bibit ikan gurami

id ikan patin, nelayan, perikanan, ikan

OKI tebar 4.000 bibit ikan gurami

Ilustrasi - ikan air tawar (FOTO ANTARA)

Kayuagung (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan mendorong pengembangan budidaya ikan gurami dengan menebar 4.000 bibit ikan gurami.

Kepala Dinas Perikanan Ogan Komering Ilir Hasanuddin di Kayuagung, Rabu, mengatakan, penebaran bibit ke kolam peternak secara cuma-cuma untuk membangkitkan gairah untuk mengembangkan budidaya ikan gurami.

"Ikan patin, nila, dan lele sudah banyak, tapi ikan gurami masih sedikit. Pemkab mengamati, jika tidak ekspansi maka perikanan akan stagnan," kata Hasanuddin.

Ia mengemukakan, ikan gurami saat ini di pasaran memiliki harga jual yang cukup tinggi dengan masa pembiakan sekitar 6-7 tahun.

Menurutnya, untuk mengembangkan perikanan ini, OKI sangat potensial karena salah satu kabupaten penghasil ikan yang cukup besar di Sumatera Selatan karena luas wilayahnya yang banyak digunakan untuk budidaya ikan tawar, dan penangkapan ikan rawa lebak.

Selain membantu secara cuma-cuma bibit ikan, pemerintah juga mengajarkan peternak untuk membuat pakan secara mandiri menggunakan dedak, tepung, jagung dan bahan lainnya.
    
Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Ogan Komering Ilir Imlan Khairun mengatakan pemerintah membantu alat mesin untuk membuat pakan.

"Mekanismenya tetap menggunakan kearifan lokal, namun formulasi bahan baku dan mesin pakan ikan yang perlu diperbaiki," kata dia.