Sekda: pejabat harus pahami manajemen kepemimpinan

id sekda sumsel, mukti sulaiman, pejabat sumsel, kinerja pejabat, manajemen kepemimpinan

Sekda: pejabat harus pahami manajemen kepemimpinan

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pejabat harus memahami manajemen kepemimpinan supaya bawahan mampu meningkatkan kinerja, kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman.

Pejabat jangan hanya mengetahui birokrasi saja tetapi harus paham ilmu kepemimpinan, kata Sekda saat memberikan pengarahan dalam Pendidikan dan Pelatihan Diklat Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Sumsel di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya menginginkan seluruh pejabat dalam lingkungannya memahami permasalahan manajerial kepemimpinan supaya pekerjaan semakin terkoordinir.

Menjadi pejabat itu jangan hanya mengetahui persoalan teknis saja, tetapi juga memahami manajerial yang baik sehingga pekerjaannya menjadi terkoordinir dengan bagus, kata dia.

Sehubungan itu pelaksanaan Diklat ini sangat diperlukan aparatur negara karena dapat meningkatkan produktivitas bagi kinerja.

Dia mengatakan, kegiatan pelatihan ini akan dapat memotivasi pegawainya sehingga pekerjaan tepat dan cepat selesai.

Sementara Satpol PP Sumsel sebagai PNS plus, karena mempunyai kewenangan penyidikan untuk bakat-bakat tertentu, ujar dia.

Dia mencontohkan, bila menangani kasus pedagang liar diusahakan bermusyawarah supaya didapat pokok persoalan dan tidak boleh langsung mengambil tindakan.

"Tidak boleh mengambil tindakan apalagi menghancurkan tempat berjualan para pedagang," katanya.

Hal ini karena menjaga ketenteraman atau keselamatan dari pedagang itu sendiri sangat diutamakan, ujar dia. (U005)