Sepuluh ABK WNI segera tiba di Jakarta

id korban sandera, sandera 10 wni, 10 abk wni, kelompok abu sayyaf

Sepuluh ABK WNI segera tiba di Jakarta

Dokumentasi orangtua dari Suriansyah, di Kendari, Sulawesi Tengggara, Rabu lalu (30/3), menunjukkan foto anaknya yang disandera kelompok milisi bersenjata Abu Sayyaf. Suriansyah merupakan salah satu dari 10 kru kapal yang disandera milisi bersenjata

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Sepuluh anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia yang sempat disandera kelompok bersenjata di wilayah laut Filipina diperkirakan segera tiba di Jakarta.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu, menyebutkan hal itu.

"Pesawat yang membawa 10 ABK WNI diperkirakan mendarat pukul 23.10 WIB di Halim Perdanakusuma," kata Bey.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar jumpa pers terkait dengan pembebasan 10 ABK WNI di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu sore.

Presiden pada kesempatan itu mengumumkan posisi terakhir 10 ABK tersebut yang akan segera diberangkatkan dari Air Force Base Zamboanga menuju Jakarta.

Mereka diperkirakan akan tiba di Jakarta tengah malam.

"Sepuluh WNI warga negara kita tersebut dalam keadaan baik dan akan segera dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Presiden memandang perlu menyampaikan bahwa banyak sekali pihak yang telah terlibat dan bekerja sama dalam upaya pembebasan 10 WNI tersebut.

"Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, seluruh anak bangsa yang telah membantu pembebasan ini," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa upaya pembebasan tersebut telah ditempuh dengan berbagai macam upaya, baik formal maupun informal.

Kepala Negara menggelar jumpa pers secara mendadak di Istana Kepresidenan Bogor sesaat setelah Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menyampaikan laporan terkait dengan hal itu pada Minggu sore.