Sumatera Selatan bidik wisatawan tiongkok

id dinas pariwisata sumsel, kepala dibudpar sumsel, irene camalyn, wisatawan tiongkok, wisatawan, pariwisata

Sumatera Selatan bidik wisatawan tiongkok

Ilustrasi - Sejumlah warga tengah membakar dupa pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Palembang, Sumsel, Rabu (12/2) malam. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan membidik wisatawan asal Tiongkok karena data menunjukkan terdapat 100 juta penduduknya yang berpergian setiap tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camalyn di Palembang, Sabtu, mengatakan sudah sepatutnya Sumsel menjadi perhatian warga Tiongkok karena memiliki kedekatan secara historis dengan ditandai adanya beberapa lokasi wisata berlatar budaya Negara Tirai Bambu itu.

"Pulau Kemaro selalu dipadati ribuan warga keturunan Tionghoa untuk merayakan imlek karena terdapat Klenteng Hok Tjing Rio dan berkembangnya legenda cari jodoh. Ini contohnya," kata dia.

Untuk itu, saat ini pemprov menggencarkan promosi wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Promosi itu dilakukan dengan mengunjungi kedutaan dan biro perjalanan untuk menginformasikan mengenai paket wisata jalur sutra ini.

Ia menerangkan, pada 2016 ini, Sumsel menargetkan jumlah wisatawan Tiongkok naik 10 persen dari capaian tahun 2014 yakni berkisar 8.000 orang.

"Hampir seluruh negara di Asia membidik wisatawan asal Tiongkok tapi Kota Palembang memiliki daya tarik sendiri, karena dalam sejarah disebutkan menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho hingga tiga kali," tutur Irene.

Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.

Sementara ini total wisatawan yang berkunjung ke Sumsel pada tahun 2015 mencapai 5.753.280 wisatawan.

Sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 48.321 orang atau naik 49,30 persen dari tahun 2014 yakni 32.365 wisman.