Pemprov Sumsel bentuk posko cegah kebakaran hutan

id pemprov sumsel, bpbd sumsel, kepala bpbd sumsel, yulizar dinoto, posko, posko kebakaran hutan, kebakaran hutan

Pemprov Sumsel bentuk posko cegah kebakaran hutan

Ilustrasi - Apel siaga darurat Bencana asap Wilayah Sumatera di halaman Griya Agung Palembang, Kamis (25/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membentuk posko di beberapa daerah untuk memantau titik api dalam mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pemerintah Provinsi Sumsel akan berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan yang salah satunya mendirikan posko, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Yulizar Dinoto di Palembang.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara administrasi tiap hari pihaknya akan memantau terus hutan dan lahan dengan dibantu personel TNI yang dipimpin langsung Danrem.

Bahkan, lanjut dia, pemantauan tersebut akan menggunakan Helikopter bantuan dari Rusia yang berpenumpang enam orang.

Pihaknya akan fokus memantau lima daerah di Sumsel seperti Ogan Ilir, Muaraenim, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir, ujar dia.

Menurut dia, antisipasi sejak awal tersebut supaya Sumsel tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan seperti tahun sebelumnya.

Oleh karena itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memerintahkan kepada seluruh instansi terkait termasuk TNI dan Polri untuk mencegah agar kebakaran hutan tidak terjadi.

Sebelumnya Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Tri Winarno usai rapat lalu mengatakan, pihaknya akan membentuk posko darurat terutama di daerah rawan kebakaran.

Menurut dia, sebagai komandan satuan operasi darat pihaknya terus mengantisipasi supaya kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi.

Pihaknya juga akan menurunkan pasukan darat untuk mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan tidak timbul seperti tahun sebelumnya. (U0005)