PT Jamkrida Sumsel jamin pinjaman UMKM RP60 miliar

id pt jamkrida, jamkrida, bantu umkm peroleh kredit, jamin kredit pelaku umkm, umkm, fasilitasi umkm, jamin kredit, jaminan

PT Jamkrida Sumsel jamin pinjaman UMKM RP60 miliar

Dirut PT Jamkrida Askin Hatta. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Selama ini pelaku UMKM mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman modal karena tidak memiliki jaminan, namun masalah tersebut bisa diatasi sejak hadirnya PT Jamkrida...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan sejak Januari hingga April 2016 ini telah menjamin pinjaman pelaku usaha mikro kecil dan menengah di provinsi setempat sebesar Rp60 miliar.
   
Jaminan pinjaman atau kredit tersebut diberikan kepada 1.000 lebih pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang membutuhkan tambahan modal usaha dari pihak perbankan namun tidak memiliki barang jaminan atau memiliki jaminan tetapi tidak sesuai dengan besarnya nilai kredit yang dibutuhkan, kata Direktur Utama PT Jamkrida  Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Jumat.
   
Dia menjelaskan, pelaku UMKM di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu sudah mulai memanfaatkan jasa PT Jamkrida untuk memperoleh pinjaman tambahan modal serta pengembangan usaha dengan nilai pinjaman sebesar Rp5 juta hingga Rp300 juta.
   
Selama ini pelaku UMKM mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman atau bantuan modal usaha dari pihak perbankan karena tidak memiliki jaminan, namun masalah tersebut bisa diatasi sejak hadirnya PT Jamkrida yang membantu pelaku UMKM mendapatkan kredit dari perbankan dengan menjadi penjamin bagi pelaku usaha itu.
   
Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan penjaminan kredit UMKM sebesar Rp700 miliar, atau lebih besar dari tahun 2015 yang mencapai Rp500 miliar, katanya.
   
Menurut dia, perusahaan daerah yang beroperasi sejak dua tahun terakhir ini, terus berupaya memberikan kontribusi dalam mendorong pengembangan UMKM di wilayah provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar itu.
   
Berdasarkan data tahun lalu lebih dari 5.000 pelaku UMKM telah difasilitasi memperoleh pinjaman dari tiga bank yakni Bank Sumsel Babel, Bank DKI, dan BPR Kota Palembang,  serta bantuan modal usaha dari lembaga pengelola dana bergulir (LPDB).
   
Perbankan dan lembaga keuangan yang bekerja sama dengan PT Jamkrida dalam memberikan kredit kepada pelaku UMKM akan terus dikembangkan, sehingga bisa semakin banyak pelaku usaha yang dapat dibantu dan didukung berkembang, kata Askin.