Pemkab prediksi penerima Rastra 2017 bertambah

id beras, keluarga sejahtera, pemkab oku, ogan komering ulu

Pemkab prediksi penerima Rastra 2017 bertambah

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memprediksi jumlah penerima beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) pada 2017 akan bertambah banyak dari tahun ini.

Kasubag Kesejahteraan Pemkab OKU Akhmad Gustaman di Baturaja, Kamis, mengatakan, berdasarkan data jumlah penerima rastra di OKU tahun ini sebanyak 13.670 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tersebar di 13 kecamatan.

Setiap RTS tersebut, kata dia, menerima jatah pembagian rastra sebanyak 15 kilogram setiap bulan dengan harga tebus Rp1.600 per kilogram.

"Mengenai berapa banyak jumlah penerima rastra yang akan ditambah kita belum tahu. Rencananya penambahan penerima rastra berlaku mulai 1 Januari 2017," katanya.

Ia mengemukakan, rencana penambahan tersebut sejalan dengan adanya perencanaan dari pemerintah pusat yang akan menambah jumlah penerima rastra sebanyak 1,5 juta untuk masyarakat kelas ekonomi ke bawah di seluruh Indonesia.

"Informasi ini baru diketahui saat saya menghadiri rapat koordinasi membahas rastra yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan belum lama ini," jelasnya.

Sementara, untuk membantu pendistribusian rastra dari Bulog, Pemkab OKU memberikan subsidi kepada masyarakat penerima sebesar Rp300 per kg.