Sumsel siapkan pemberangkatan 5.040 jamaah haji

id haji, jamaah haji, kawil kemenag sumsel, musim haji 2016

Sumsel siapkan pemberangkatan 5.040 jamaah haji

Ilustrasi - Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) menanti pembagian paspor dan gelang di Asrama Haji Palembang, Selasa (17/9). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana serta tim untuk mengatur pemberangkatan dan pendampingan 5.040 jamaah calon haji untuk musim haji 2016.

Jamaah calon haji tersebut direncanakan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 9 Agustus 2016 dengan 14 kelompok terbang (kloter), kata Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief, di Palembang, Kamis.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jamaah calon haji (JCH) yang akan diberangkatkan dengan penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, sehari sebelum pemberangkatan sudah harus berada di asrama haji.

Ketentuan seluruh JCH harus masuk asrama haji ditetapkan untuk melakukan pengecekan kesiapan fisik dan barang bawaan serta untuk mencegah terlepas dari kloter yang ditetapkan.

"Dengan persiapan maksimal, diharapkan pemberangkatan JCH pada tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan masyarakat dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna," katanya.

Sementara mengenai kemampuan masyarakat Sumsel untuk menunaikan ibadah haji, berdasarkan data yang masuk di dalam daftar tunggu sitem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) sangat tinggi.

Berdasarkan data Siskohat, masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah harus menunggu hingga 2033 atau selama 17 tahun, kata Saefudin.