Harga karet naik di Peninjauan OKU

id karet, kebun karet, getah karet

Harga karet naik di Peninjauan OKU

Getah karet (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARASumsel) - Harga getah karet bulanan di Desa Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini mulai ada peningkatan dari sebelumnya Rp6.000 menjadi Rp9.000 per kilogram.

"Harga karet sekarang mulai berangsur naik kisaran Rp3.000 per kilogram (kg) dari harga biasanya," kata salah seorang petani asal Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU), Robin di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, kenaikan yang dinilai mulai menguntungkan petani itu mulai terjadi sejak dua pekan terakhir dari harga sebelumnya hanya kisaran Rp6.000 per kg menjadi Rp9.000 per kg untuk getah bulanan.

Sedangkan karet mingguan mengalami kenaikan kisaran Rp3.100 per kg dari harga sebelumnya hanya Rp4.500 per kg menjadi Rp7.600 per kg.

"Perubahan harga jual karet mingguan di tingkat tengkulak itu juga terjadi sejak dua pekan terakhir," jelasnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Peninjauan, Novi Taruna menambahkan sejak terjadi kenaikan harga karet di beberapa daerah khususnya Kecamatan Peninjauan membuat petani bersemangat lagi menyadap getah untuk kebutuhan sehari-hari.

Kades mengemukakan, selain harga meningkat hasil produksi karet yang diperoleh juga mulai stabil rata-rata mencapai 300 kilogram dihasilkan petani dalam setiap bulannya.

"Kalau cuaca normal seperti sekarang ini hasil getah karet yang didapat juga banyak. Harapan kami harga getah mencapai di atas Rp10.000 per kg," jelasnya.

Menurut dia, sebagian besar petani di wilayah itu sempat terpuruk akibat anjloknya harga karet di level Rp4.000 per kg seiring dengan berkurangnya produksi yang diperoleh hanya 40 kilogram dalam setiap bulannya dampak kemarau.

"Waktu harga anjlok petani tidak bisa membayar angsuran kredit motor dan mobil bahkan ada warga rumahnya yang terlanjur digadaikan disita pihak bank," ujarnya.