Legislator tinjau persiapan layanan BPJS RS Siloam

id dprd sumsel, RA Anita Noeringhati, bpjs kesehatan, pelayanan bpjs kesehatan, rs siloam

Legislator tinjau persiapan layanan BPJS RS Siloam

Ilustrasi - Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan kepada peserta BPJS. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Sumatera Selatan meninjau persiapan pelayanan masyarakat yang menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit Siloam Palembang, Rabu.

"Kami ingin tahu berapa tempat tidur yang akan disiapkan untuk pelayanan bagi masyarakat yang menggunakan BPJS di sini," kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan yang juga koordinator reses daerah pemilihan I Palembang, RA Anita Noeringhati ketika meninjau rumah sakit tersebut.

Ia juga menanyakan bagaimana pasien yang menggunakan BPJS kesehatan itu apakah bisa langsung berobat ke rumah sakit tersebut.

Menanggapi hal itu, Direktur RS Siloam, Harijanto Solaeman mengatakan rumah sakit itu memiliki 150 unit tempat tidur dan di antaranya 50 unit disiapkan untuk pelayanan BPJS.

Sekarang ini mereka juga sudah menyiapkan tempat tidur untuk melayani masyarakat yang menggunakan BPJS kesehatan.

"Saat ini memang kami belum melayani masyarakat yang mengunakan BPJS kesehatan, karena masih menunggu proses kenaikan status rumah sakit ini menjadi tipe B," ujarnya.

Ia menuturkan, kemungkinan dua sampai tiga bulan lagi layanan BPJS kesehatan bagi masyarakat itu sudah bisa dilayani.

"Target kami pada 2016 ini sudah melayani pasien yang menggunakan BPJS kesehatan," katanya.

Sementara pasien yang berobat ke rumah sakit tersebut nantinya harus ada rujukan, karena memang peraturannya berjenjang, jadi tidak bisa langsung ke rumah sakit.

Kecuali pasien itu masuk UGD maka bisa langsung ditangani di rumah sakit tersebut.

Para anggota DPRD Sumsel juga meninjau sejumlah ruangan yang ada di RS Siloam tersebut.