Gubernur: Sumsel kaya sumber daya alam

id gubernur sumsel, alex noerdin, sumber daya alam, minyak, gas, migas, tambang

Gubernur: Sumsel kaya sumber daya alam

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan daerah tersebut cukup kaya sumber daya alam seperti minyak, gas dan batu bara.

Sumsel kaya akan potensi energi dan itu belum dikelola secara maksimal, kata gubernur saat menerima Dirut PT Bukit Asam yang baru Arviyan Arifin di Palembang, Rabu.

Memang, lanjut dia, Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang luar biasa dan SDA yang ada itu sebagian besar berada di Sumsel.

Menurut dia, sumber daya alam terbesar yang berada di Sumsel yakni batu bara.

Bahkan batu bara yang ada di Indonesia setengahnya ada di Sumsel dan itu juga sebagai penerbit fosil yang menjadikan energi tenaga listrik dan sebagainya, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain batu bara daerah ini juga penghasil minyak dan gas serta panas bumi terbesar.

Sehubungan itu maka dapat menyerap energi dari "power plant" (pembangkit listrik) tadi untuk kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api karena daerah ini akan banyak para investor yang akan berinvestasi.

Jadi prospek Tanjung Api-Api dengan banyaknya investor termasuk kilang minyak maka memerlukan banyak energi termasuk bersumber dari batu bara, kata dia.

Oleh karena itu sumber daya alam yang cukup besar itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Memang, tantangan saat ini cukup berat karena batu bara harganya turun sehingga itu perlu dipikirkan bersama, tambah dia. (U005)