Bulog pesimistis penuhi target penyerapan beras petani

id bulog, bulog oku timur, beras, beras petani, petani sawah, padi

Bulog pesimistis penuhi target penyerapan beras petani

Beras tersedia di gudang bulog (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Bulog Sub Divisi Regional Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pesimistis dapat memenuhi penyerapan beras petani sesuai yang ditargetkan oleh pemerintah pusat pada 2016.

"Target penyerapan beras tahun ini sulit tercapai karena terlalu tinggi," kata Kepala Bulog Sub Divisi Regional Ogan Komering Ulu (OKU) Armansyah Harahap di Baturaja, Selasa.

Target serapan beras bulog wilayah setempat pada 2016, kata dia, sebanyak 120 ribu ton hasil panen sawah petani di tiga kabupaten terdiri atas OKU Induk, OKU Timur dan OKU Selatan.

"Sebelumnya target dari pemerintah hanya 45 ribu ton, naik menjadi 120 ribu ton sehingga sulit untuk dicapai," jelasnya.

Sebab, kata Armansyah, produksi panen padi petani di tiga kabupaten tersebut tidak sebanding dengan target yang ditentukan sehingga sulit untuk terpenuhi.

Sejauh ini, lanjut dia, hasil serapan di tingkat petani wilayah OKU Timur daerah pengasil beras terbesar dibandingkan dua kabupaten lainnya itu hanya sekitar 700 ton dari 60 persen hasil panen raya padi dilaksanakan belum lama ini.

"Sulit untuk dicapai karena panen di wilayah OKU Timur saja sudah berjalan 60 persen. Selain itu terlambatnya panen raya tahun ini karena musim tanam yang terhambat dampak musim kemarau tahun lalu juga menjadi faktor penyebabnya," ungkapnya.

Sementara, lanjut dia, untuk wilayah OKU Induk dan OKU Selatan serapan beras belum maksimal karena petani lebih memilih menjual beras pada tengkulak yang harga belinya lebih mahal dibandingkan bulog.

"Tapi kami masih memiliki stok beras lama di gudang penyimpanan bulog sebanyak delapan ribu ton," ujarnya.