Warga PALI korban banjir terima bantuan

id banjir, pali

Warga PALI korban banjir terima bantuan

Banjir di pemukiman warga Daerah Aliran Sungai (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan (ANTARA Sumsel) - Ratusan warga di Daerah Aliran Sungai Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat, Selasa.

Bantuan berupa beras itu diberikan kepada warga di Kecamatan Tanah Abang yang mengalami banjir sejak sebulan terakhir.

Asisten III Pemerintah Kabupaten Pednukal Abab Lematang Ilir Ruswani seusai memberikan bantuan secara simbolis mengatakan bantuan ini diberikan kepada kepala keluarga yang sebelumnya sudah didata oleh petugas.

"Mungkin ada yang merasa mengapa bantuan lambat, tapi sebenarnya tidak ada maksud pemerintah untuk memperlambat bantuan karena ini sifatnya bencana tentunya pemerintah memiliki prosedur tersendiri," kata dia.

Menurutnya, terpenting saat ini warga yang berada di DAS tetap waspada mengingat dalam beberapa hari terakhir diketahui bahwa debit air hujan tergolong lebat.

"Intensitas hujan yang turun meningkatkan debit sungai Lematang dan bisa mengakibatkan banjir, jadi harus waspada," kata Ruswani.

Camat Tanah Abang Junaidi mengatakan bantuan beras ini diperuntukkan bagi 10 desa yang terdampak banjir.

"Kondisi banjir membuat lahan sawah dan karet menjadi tergenang banjir, artinya ada ancaman gagal panen. Jika sudah begini maka perekonomian keluarga akan terancam," kata dia.

Aca Cholik, salah seorang tokoh masyarakat Tanah Abang mengatakan kehidupan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar DAS Lematang sangat terancam akibat banjir yang berkepanjangan ini.

"Warga mengalami kesulitan dan kesusahan karena rata-rata masyarakat Tanah Abang bermata pencarian sebagai petani dan berkebun karet," kata dia.