Legislator: usut tuntas PNS diduga fiktif

id pns, komisi i dprd sumsel, elianuddin

Legislator: usut tuntas PNS diduga fiktif

Ilustrasi - Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Foto Antaranews.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan mendesak pemprov untuk mengusut tuntas adanya dugaan penerimaan pegawai negeri sipil fiktif.

"Kalau memang ada dugaan itu, kami minta diusut tuntas," kata Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan Elianuddin HB saat ditanya di Palembang, Senin, mengenai adanya data tentang puluhan ribu PNS di Indonesia diduga fiktif.

Menurut dia, adanya dugaan PNS fiktif itu harus diusut tuntas, karena bukan tidak mungkin ada keterlibatan pihak tertentu sehingga mengakibatkan uang negara menguap.

Persoalan itu tidak boleh dibiarkan dan harus segera diselesaikan hingga tuntas.

Ia memprakirakan persoalan ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba, tentunya ada proses yang harus dilalui sehingga muncul dugaan PNS fikitif.

Apalagi lanjutnya secara nasional ada sekitar 57.000 orang, jadi memungkinakan ada unsur kesengajaan yang tidak melalui prosedur rekrutmen.

Ia menilai kalau ada unsur kesengajaan bisa saja terjadi dimana saat ini semua bisa aplikasi online (dalam jaringan internet) dan tentunya datanya sudah sangat rapi.

Terkait dengan persoalan ini tentu dampaknya sangat besar terutama pada sisi anggaran, ujarnya sambil berhitung berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk membayar gaji PNS tersebut.

Wakil rakyat itu juga merasa yakin dari puluhan ribu PNS tersebut tentunya ada juga di Sumsel.

Karena itu, ia mengharapkan supaya diusut tuntas persoalan tersebut, karena menyebabkan kerugian negara.

"Kami juga akan menjadwalkan pertemuan dengan pihak BKN perwakilan daerah ini untuk meminta penjelasan mengenai hal tersebut pada 2-3 Mei mendatang," katanya.