Pembudidaya ikan di OKI dibantu pakan

id budidaya, ikan

Pembudidaya ikan di OKI dibantu pakan

Budidaya ikan (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Ertina)

Kayuagung, Sumsel (ANTARASumsel) - Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, membagikan pakan ikan ke sejumlah pembudidaya ikan keramba di Kecamatan Jejawi dan Sirah Pulau Padang.

Kepala BP4K OKI Imlan Khairun di Kayuagung, Senin, mengatakan pembagian pakan ini untuk membantu petani mengatasi kesulitan mendapatkan pakan dengan harga terjangkau sejak beberapa pekan ini.

"Jika harga pakan tinggi maka pembudidaya akan merugi seperti yang saat ini terjadi. Oleh karena itu, bantuan ini bertujuan menjaga keberlangsungan sektor perikanan di OKI," kata Imlan.

Selain membantu secara cuma-cuma, pemerintah juga mengajarkan peternak untuk membuat pakan secara mandiri menggunakan dedak, tepung, jagung dan bahan lainnya.

Untuk itu, pemerintah membantu alat mesin untuk membuat pakan dari Pusluhdaya KP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

"Mekanismenya tetap menggunakan kearifan lokal, namun formulasi bahan baku dan mesin pakan ikan yang perlu diperbaiki," kata dia.

Selain itu, menurut Imlan sistem kelembagaan para petani ikan jugadiperbaiki sehingga terbentuklah koperasi para petani budidaya ikan air tawar di OKI.

Saat ini, budidaya ikan mandiri di Kecamatan Jejawi dan Sirah Pulau Padang telah menghasilkan sekitar 1000 ikan patin dengan berat antara 100-300 gram/ekor.

"Hasil ini didapat setelah membudidaya selama 3 bulan," kata dia.

Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki daerah perairan yang sangat potensi untuk Budidaya Ikan budidaya seperti, patin, nila, lele, gurame.

OKI juga merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan yang cukup besar di Sumatera Selatan karena luas wilayahnya yang banyak digunakan untuk budidaya ikan tawar, dan penangkapan ikan rawa lebak.