Harnojoyo: otonomi peluang sejahterakan rakyat

id wali kota, harnojoyo

Harnojoyo: otonomi peluang sejahterakan rakyat

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARASumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan otonomi daerah merupakan peluang untuk mensejahterakan rakyat.

"Untuk memanfaatkan peluang ini maka setiap daerah dituntut untuk mandiri agar mampu bersaing," kata Harnojoyo usai upacara peringatan hari otonomi daerah ke-20 di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan dengan berdaya saing di berbagai bidang maka akan mendorong terciptanya kesejahteraan rakyat.

"Untuk mendorong masyarakat bersaya saing maka kualitas pelayanan publik harus ditingkat dan masyarakat harus lebih diberdayakan," kata dia.

Hal ini sangat penting karena sejak 2016 sudah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga negara-negara di Asia Tenggara dapat terintegrasi secara bebas dalam satu kesatuan.

"Indonesia harus bertekat tidak sebatas menjadi penonton, dan khusus bagi Kota Palembang, jangan takut karena kota ini memiliki sejarah Kerajaan Sriwijaya yang menguasai nusantara hingga sebagaian besar Asia," kata dia.

Pemerintah Kota Palembang menggelar Upacara memperingati hari otonomi daerah ke-20 di pelataran benteng kuto besak.

Upacara ini juga diikuti oleh jajaran FKPD dan SKPD Kota Palembang, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan serta para siswa-siswi Sekolah.

Hari Otonomi Daerah kali ini mengusung tema "Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).