Pulau Maspari potensi jadi kawasan wisata menyelam

id tempat menyelam, wisata, menyelam, laut, pulau maspari

Pulau Maspari potensi jadi kawasan wisata menyelam

Ilustrasi--Sejumlah keramba apung milik nelayan tradisional di Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah, Aceh.(FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARASumsel) - Pulau Maspari, Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, berpotensi menjadi kawasan wisata untuk kalangan penyelam bawah laut.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan saat ini pemerintah provinsi saat ini sedang mendorong instansi terkait untuk mengkaji dengan cermat bekerja sama dengan komunitas penyelam Tanah Air mengenai potensi tersebut.

"Jika memang layak dan bisa bersaing dengan destinasi wisata lain maka pengembangan Pulau Maspari akan didorong," kata Ishak.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Galamda Israk mengatakan pulau seluas 200 hektare itu layak dikembangkan dari sisi pariwisata hingga untuk konservasi penyu.

"Dalam waktu dekat akan ada tim yang akan ditempatkan di Pulau Maspari untuk menginvestarisasi apa saja kebutuhan untuk merealisasikan rencana ini," kata dia.

Tak menjajaki potensi perikanan, pemerintah juga menjajaki peluang pengembangan bidang lain di pulau yang membutuhkan waktu enam jam dari Palembang melalui kapal cepat ini.

Pulau paling timur Sumatera Selatan ini memiliki keindahan alam yang sangat alami seperti terdapatnya batu karang besar, pasir putih, serta air laut yang jernih.

Untuk menggapai pulau ini juga relatif mudah karena dapat ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 70 km dengan waktu kurang lebih tiga jam dari Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kemudian, setelah perjalanan darat itu dilanjutkan dengan menaiki kapal cepat dengan waktu kurang lebih 15 menit dari Dermaga Selapan.