BPS Musirawas luncurkan aplikasi data berbasis android

id bps, badan pusat statistik, bps musirawas, aplikasi android, android

BPS Musirawas luncurkan aplikasi data berbasis android

Badan Pusat Staistik (BPS) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan dalam waktu dekat meluncurkan penyediaan aplikasi data statistik berbasis android, untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam mengetahui perkembangan pembangunan di Musirawas.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musirawas Aidil Adha, Sabtu mengatakan pihaknya akan menyediakan data aplikasi android, untuk memudahkan masyarakat berinteraksi melihat kemajuan wilayah Musirawas kedepan.

Ia mengatakan bila sudah ada perangkat komunikasi moderen masyarakat akan mudah mengetahui segala kegiatan pemerintah daerah termasuk lomba cipta menu bergama gizi seimbang dan aman yang dilakukan para ibu-ibu Dhamawanita setempat beberapa waktu lalu.

Para ibu rumah tangga tak perlu hadir dalam kegiatan berbagai lomba membuat makanan bergizi, cukup menggunakan perangkat moderen yang ada dirumah seperti handephon dan komputer.

Jika perangkat itu suah dipasang nantinya segala kegiatan pemerintah daerah mudah di download disamping disediakan sarana informasi secara online mengenai perkembangan pembangunan Musirawas diberbagai bidang, mulai angka kemiskinan, kondisi ekonomi masyarakat maupun lain sebagainya.

"Untuk aplikasi sistem online itu akan rampung dua minggu kedepan, sehingga siapapun bisa membuka aplikasi tersebut di handphone masing-masing,"jelasnya.

Layanan aplikasi android itu sendiri digulirkan untuk memudahkan masyarakat luas berinteraksi secara online mengenai pembangunan yang ada di wilayah itu, sehingga masyarakat dapat mengetahui perkembangan didaerah nya sendiri.

"Untuk mendownload aplikasi ini masyarakat cukup browsing di APP, kemudian klik BPS Musirawas, maka tinggal pilih informasi yang dibutuhkan semuanya sudah tersedia," katanya.

Kalau selama ini masyarakat Musirawas harus kekantor BPS untuk mengetahui data statistik, namun dengan adanya aplikasi android itu maka bisa mendapatkan layanan dan informasi yang mereka butuhkan.

Keberadaan aplikasi itu masih memiliki keterkaitan terhadap upaya melepaskan Musirawas sebagai daerah tertinggal, dengan perangkat itu dapat diketahui apa yang menjadi penyebab adanya desa tertinggal dan Desa sangat tertinggal di Musirawas, dengan begitu maka dapat dicarikan solusi secara bersama-sama.

Dengan aplikasi itu maka dapat meningkatkan keterbukaan daerah untuk memberikan pelayanan dan pengetahuan terhadap perkembangan Kabupaten Musirawas dalam mengedukasi pencapaian visi misi bupati lima tahun kedepan.

"Untuk informasi yang diberikan kepada masyarakat nantinya dapat dimuat secara berimbang sesuai fakta dilapangan, sehingga sistem keterbukaan dapat berjalan sesuai kehendak masyarakat," tuturnya.

Noviansyah aktifis pemuda Musirawas menyambut baik adanya rencana penyediaan data statistik berbasis aplikasi android itu, melalui sarana itu masyarakat terutama kalangan pemuda mengetahui kondisi daerah Musirawas yang selama ini hanya sedikit diketahui masyarakat.

"Kami kalangan pemuda mengapresiasi terobosan yang dilakukan BPS, sehingga dengan begitu kami dapat mengetahui kondisi nyata daerah Musirawas dilapangan untuk dipecahkan secara bersama-sama hingga generasi muda yang selama ini lebih banyak browsing aplikasi tapi kurang memberikan edukasi," ujarnya.