Ponton PDAM OKU tenggelam sudah diangkat

id pdam, pdam oku, dirut pdam oku, ponton pdam, ponton tenggelam

Ponton PDAM OKU tenggelam sudah diangkat

Ilustrasi - PDAM di air payau (Foto Antarasumsel.com/Evan)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Direktur PDAM Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Abi Kusno menyatakan ponton PDAM yang tenggelam ke dasar sungai beberapa waktu lalu sudah diangkat ke atas oleh petugas di lapangan, tinggal proses menambal bagian yang bocor sebelum difungsikan kembali.

"Petugas teknisi sudah mengangkat ponton yang tenggelam di dasar sungai," kata Abi Kusno di Baturaja, Jumat.

Ia mengatakan, tiga pekerja teknisi dari PDAM setempat mulai melakukan perbaikan sejak Kamis (21/4) setelah berhasil menarik ponton dari dasar Sungai Ogan di Kelurahan Batu Kuning yang tenggelam akibat diterjang arus sungai pada Minggu (17/4).

Menurut dia, petugas teknisi dalam melakukan proses penarikan dan perbaikan ponton mengalami sedikit kendala karena kondisi air sungai sedang naik.

"Hal itulah yang menyulitkan petugas mengembalikan posisi ponton yang terbalik untuk diperbaiki," ungkapnya.

Namun, kata dia, sebagian ponton tenggelam sudah diangkat ke tepi sungai, tapi belum bisa diperbaiki karena harus melepaskan lengan ponton dengan tiang pompa yang masih lengket.

"Kendati demikian, semua perlengkapan di ponton seperti pompa hisap masih utuh," ungkapnya.

Ia mengemukakan, akibat terbalik menyebabkan tiga sisi pada ponton jebol, petugas akan melakukan penambalan dilanjutkan mengembalikan posisi yang terbalik agar bisa difungsikan kembali.

"Perbaikan membutuhkan waktu lima hari sedangkan saluran air bersih ke pelanggan diprediksi mengalami gangguan sekitar sepekan," ujarnya.